Jualan Online di Sosial Media? Siapa Takut!

Jualan Online di Sosial Media? Siapa Takut! –┬áJejaring sosial atau sosial media adalah media online yang digunakan buat berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh sekali pun. Tapi, sekarang nggak hanya digunakan buat berkomunikasi atau menyebar keseharian saja, melainkan bisa dipakai untuk jualan online. Sudah bukan rahasia lagi sosmed dijadikan ladang uang sehingga pelaku bisnis juga mengalihkan usahanya ke platform itu.

Jualan online bisa dilakukan di mana saja

Nggak usah bayar uang sewa tempat dan nggak perlu modal banyak buat pemasaran adalah keuntungan memakai sosmed buat tempat berjualan secara online kamu. Mungkin kamu yang sudah memulai bisnisnya di sosmed pasti akan merasakan keuntungan hal itu. Tapi, apa kamu sudah memanfaatkannya secara optimal?

Nggak jarang orang yang sudah membuka bisnisnya di sosmed merasa sudah senang kalau produknya semakin dikenal banyak orang, apalagi jumlahnya followersnya banyak sampai ratusan ribu. Jangan senang dulu. Kamu harus berkompetisi dengan kompetitor lainnya agar semakin menarik banyak pelanggan ke toko kamu.

Salah satu ketakutan penjual online di sosmed yang umum yaitu nggak berani berkompetisi dengan kompetitor yang sudah sukses dan yang punya banyak followers. Nggak usah takut. Kamu masih bisa sukses kalau kamu menerapkan trik-triknya di bawah ini.

 

Targetkan pengguna potensial

Jualan online nggak gampang. Kamu harus mencari target pasarnya agar barang-barang kamu cepat laku. Nggak mau kan kalau kamu sudah menyediakan barangnya, tapi ternyata nggak ada yang mau beli? Karena itu, kamu harus fokus pada pengguna yang potensial.

Cari tahu apa yang orang-orang suka atau yang mereka banyak cari. Sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya target pengguna kamu adalah orang yang suka mencari sepatu. Buatkan kriteria tambahan lainnya agar bisa lebih spesifik barang yang mau kamu sediakan, seperti cowok atau cewek target pasar kamu, berapa umurnya, dan gaya sepatu apa yang mau difokuskan.

Kalau kamu punya target potensial yang baik namun tidak punya produknya, maka anda bisa coba menjadi dropshiper dahulu. Yang paling penting itu adalah targetnya, kalau memang sudah punya maka manfaatkan untuk jualan. Kalau produk di zaman sekarang ini mudah mencarinya tinggal jualin produk orang aja sudah bisa.

 

Pasang foto profile brand atau produk kamu

Foto profile di sosial media bisa dibilang simbol atau identitas pemiliknya. Kalau mau toko kamu gampang dikenal orang, lebih baik pakai foto profil yang menggambarkan toko kamu. Nggak usah yang terlalu rumit-rumit memilih fotonya. Pilih saja yang menjadi simbol brand kamu atau kalau lebih gampangnya pilih produk yang paling unggul.

Selain itu, agar orang nggak bosan dengan tampilan foto yang itu-itu saja, sebaiknya ganti fotonya secara berkala, paling nggak sebulan sekali. Jangan lupa kalau sosial medianya punya cover foto, pasang foto yang menarik sehingga orang menjadi tertarik berkunjung ke toko kamu.

 

Gunakan kalimat yang menarik

Jualan online di sosial media bisa dibilang cukup unik, begitu juga dengan penggunaan kalimat-kalimat untuk memasarkan produk kamu. Kalimat-kalimat yang perlu kamu gunakan untuk memasarkan produk kamu berbeda dengan kalimat pemasaran pada umumnya.

Agar pengguna sosmed lain tertarik dengan produk kamu, pakai kalimat yang menarik. Nggak ada salahnya kamu gunakan bahasa anak muda kalau memang target potensial kamu anak-anak muda. Tapi, hindari penggunaan kata-kata yang negatif dan terlalu panjang karena membuatnya tidak menarik dan orang-orang akan skip postingan jualan kamu.

 

Pakai metode flash sale

Flash sale biasa diterapkan di toko-toko online pada umumnya. Kamu juga bisa menggunakan metode itu buat menjualkan produk kamu secara online via sosial media. Selain memakai kalimat yang menarik, tambahkan juga kalimat penawaran yang diberikan batas waktu penjualannya.

Misalnya kamu bisa memberikan penawaran diskon 50% buat 2 hari saja atau beli 1 gratis 1 hanya selama 1 hari saja. Dengan penawaran itu, orang akan semakin tertarik berbelanja di toko kamu.

Gimana? Sudah mulai merasakan suksesnya jualan online di sosial media kan hanya membaca tips-tipsnya saja? Pokoknya yang penting kamu nggak usah patah semangat dan terus mencari cara agar orang mau datang ke toko kamu dan membeli produk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *